Tips Memasarkan Produk Konveksi Anda

By | September 10, 2016

Kebanyakan konveksi biasanya mengkhususkan diri dalam hal produksi, ada konveksi kaos, konveksi kemeja, konveksi seragam, konveksi jaket, konveksi tas dan ada pula konveksi palugada (apa lu mau gue ada) seperti konveksi tempat produksi kami. Namun walaupun memfokuskan diri, dalam hal memasarkan jasa atau mendistribusikan hasil produksi bukanlah hal yang mudah bagi beberapa konveksi, bahkan mungkin merupakan salah satu kendala bagi kebanyakan konveksi. Dengan cara apa memasarkan jasa konveksi? Bagaimana mendistribusikan hasil produksi konveksi yang baik?

Jika kita berbicara tentang bagaimana memasarkan dan mendistribusikan maka yang harus kita tentukan terlebih dahulu adalah segmentasi target pasar kita, apakah toko-toko, supermarket, distro, factory outlet atau retail order. Kemudian bagaimana melakukan jangkauan pemasaran pada segmen konsumen yang disasar tersebut. Berikut beberapa tips dalam memasarkan jasa konveksi dan mendistribusikan produk konveksi.

Anda punya bisnis? berarti WAJIB PUNYA WEBSITE untuk Kampanye profile usaha Anda di internet agar dikenal masyarakat Luas. Urusan website? Kunjungi ADROHOST.COM !

  1. Kerja sama dengan multi distributor. Bekerja sama dengan distro, toko, factory outlet atau supermarket memang dapat memberikan berbagai keuntungan dalam memperbesar kapasitas produksi dan penjualan hasil produksi konveksi kita, namun memang harus fokus dalam menjalin komunikasi dan hubungan ke distributor tersebut agar bisa melakukan penyelarasan pola penjualan. Pola penjualan dengan menggunakan jaringan relasi adalah hal yang paling mudah, karena kita mengenal siapa yang menjadi buyer atau partner usaha konveksi kita. Sehingga kita dapat menentukan format yang sesuai dengan kapasitas bisnis usaha konveksi kita sendiri.
  2. Melakukan pendekatan ke distro, toko, outlet atau buyer lainnya yang memang dapat dipercaya memiliki kapasitas pendistribusian yang baik serta disiplin dalam hal komitmen pembayaran. Ini hal yang sangat penting.
  3. Terlibat dalam berbagai event seperti pameran, pameran fashion dan UKM. Selain melakukan penjualan juga dapat membantu kita memperoleh ilmu mengenai tata cara kelola usaha yang baik dan tentunya menambah relasi baru dalam produksi maupun relasi pemasaran.
  4. Melakukan mekanisme promosi lain seperti pola penjualan komunitas juga dapat dilakukan seperti ikut serta dalam bazar pada suatu komunitas motor misalnya, atau acara kenaikan kelas anak sekolah, bahkan open table pada saat arisan ibu-ibu.
  5. Kreativitas yang banyak dalam hal improvisasi penjualan, seperti pemberian diskon hingga pembayaran secara angsuran dapat dipergunakan sebagai cara namun tetap harus berhitung dengan resiko.
  6. Ini yang paling penting pada zaman sekarang, zaman pemasaran digital, yaitu mengiklankan konveksi atau produk konveksi Anda secara online, eksis secara online sangatlah penting.

Sudah ada gambaran cara memasarkan dan mendistribusikan produk konveksi Anda? Kalau ada saran lain tolong di kolom komentar ya? Ayo start ACTION !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Anti-Spam Quiz: